Tukang Taman Jakarta, Jasa Landscape Jakarta Profesional - Tukang Taman Jakarta - Sentosa Garden
Hubungi Kami × +
Nama

Email Address*

Pesan*


Tukang Taman Jakarta, Jasa Landscape Jakarta Profesional

Sentosagarden.com – Setiap orang pastinya memiliki impian bukan untuk dapat memiliki taman yang indah pada huniannya? Meski begitu, ternyata impian ini seringkali harus terbentur dengan kondisi lahan di rumah yang tidak cukup luas. Tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat memiliki taman yang indah dengan menerapkan konsep taman minimalis pada rumah Anda.

Mengapa harus dan taman minimalis dan bagaimana cara membuatnya? Konsep taman minimalis, atau taman yang mungil, tengah menjadi tren di kalangan hunian di perkotaan. Taman minimalis memiliki daya tarik karena penataannya yang cenderung sederhana dengan fungsi yang tidak berbeda dengan taman berlahan luas.

Selain sebagai pemanis, kehadiran taman di rumah dinilai cukup penting sebagai penyegar pikiran. Anda bisa sembari menikmati camilan atau teh di dapur minimalis terbuka yang berlokasi di dekat taman Anda.

Tukang Taman Jakarta, Jasa Landscape Jakarta Profesional



Kehadiran konsep taman minimalis harus disesuaikan dengan bentuk dan desain rumah. Taman dengan konsep minimalis yang memanfaatkan lahan sempit berfungsi sebagai pendukung arsitektur bangunan.

Taman dapat menjadi elemen dekoratif yang memunculkan kesan serasi antara taman dan bangunan. Selain itu, kehadiran taman minimalis dapat menjadikan rumah terkesan lebih luas dan segar. Selain itu, taman minimalis dapat menonjolkan karakter bangunan rumah.

Menentukan letak taman minimalis tidaklah sulit. Anda bisa meletakkannya di bagian depan, belakang, bahkan di tengah rumah. Jika taman terletak di bagian belakang rumah, hindari ornamen-ornamen seperti gunung atau tumbuhan yang tinggi. Hal tersebut dapat menjadikan taman terkesan sempit.

Lain halnya jika Anda menempatkan taman di tengah rumah. Anda dapat memasang tumbuhan yang cenderung tinggi seperti pakis, jenis palem-paleman, atau tanaman-tanaman dengan dedaunan hijau. Tanaman jenis pakis dan palem menjadikan suasana dalam rumah menjadi teduh dan segar.

Pada dasarnya, mendesain taman membutuhkan kreativitas dalam memanfaatkan lahan sempit dan memadu-padankan elemen-elemen di dalam taman. Untuk membuat taman minimalis, setidaknya ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Berikut Sentosa Garden sebagai tukang taman Jakarta dan jasa Landscape Jakarta profesional akan membahas lebih jauh seputar taman minimalin guna menambah informasi untuk Anda.



Kesesuaian antara luas taman minimalis dan dimensi tanaman
Taman minimalis umumnya lebih menonjolkan kesederhanaan dan menciptakan keindahan dari kehadiran sedikit tanaman saja. Lahan sempit pun sebaiknya tidak memiliki terlalu banyak tanaman, atau akibatnya malah kesemerawutan dan bukannya keindahan yang dipancarkannya.

Namun ini tidak berarti taman minimalis hanya boleh memiliki satu atau dua tanaman saja. Memiliki banyak tanaman pun tidak masalah, asalkan terlihat proporsional dan harmonis.

Untuk itu hal yang sebaiknya diperhatikan adalah dimensi atau ukuran tanaman yang akan ditanam di taman minimalis.

Untuk menghindari kesan ramai, usahakan untuk mengutamakan keseragaman bentuk daun. Misalnya, tanaman berdaun panjang dipadukan dengan tanaman bertekstur tipis. Hindari tanaman berdaun lebar dan tebal, karena bila tanaman semacam ini di saat tumbuh sedikit lebih besar daunnya akan terlihat memenuhi ruang sehingga tidak cocok untuk taman di lahan sempit.

Membuat beberapa taman minimalis di lokasi terpisah
Di lahan terbatas, mengukur luas lahan menjadi hal penting guna membantu Anda menentukan bagaimana cara membagi area untuk setiap jenis tanaman maupun dekorasi taman. Tidak perlu berkecil hati bila lahan yang dimiliki sangat terbatas, karena setiap keterbatasan pun sesungguhnya mengandung potensi.

Bahkan sepetak lahan di samping rumah pun bisa disulap menjadi taman minimalis. Apabila ada beberapa petak lahan di rumah akan lebih baik lagi, karena Anda bisa menciptakan bukan hanya satu taman minimalis tapi bisa dua atau tiga sekaligus. Untuk lahan sangat sempit kita memiliki beberapa pilihan ide taman minimalis, misalnya:

Lahan berumput tanpa tanaman hias
Lahan berumput dengan satu tanaman hias berukuran sedang.  Untuk ide ini, tanaman hias sebaiknya bukan jenis tanaman perdu namun tanaman yang ramping dan memiliki ranting-ranting yang panjang.

Taman Zen sederhana dengan batu-batu hias.
Saat ini batu hias bukan hanya dalam warna abu-abu dan putih saja. Batu hias warna hijau keabu-abuan, misalnya, sudah bisa dibeli di toko online dengan harga sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 65 ribu per kantung. Perhatikan komposisi batu saat hendak membuat taman Zen. Sebuah batu besar berbentuk unik atau bilah kayu tua bisa ditempatkan sebagai fokus perhatian.

Taman Zen dengan tanaman hias
Mengingat konsep taman Zen dan taman minimalis tidak jauh berbeda, maka jenis tanaman yang dipilih sebaiknya tidak mengandung lebih dari satu warna. Bisa juga terdiri dari dua atau tiga tanaman dengan gradasi warna kuning, kuning kehijauan, dan hijau tua.

Deret tanaman
Deret tanaman cocok untuk memanfaatkan lahan sempit memanjang yang biasanya ada di samping rumah. Atau area sempit di tepi area parkir kendaraan di depan rumah. Untuk deret tanaman, akan lebih baik lagi bila hanya terdiri dari satu jenis tanaman dan dibatasi oleh batu bata yang direkatkan dan dilapisi dengan semen bila ingin menambah sentuhan industrial di taman minimalis. Sedangkan batu bata yang disusun berderet sebagai pembatas tanpa direkatkan dengan semen bisa mewakili sentuhan rustic.

Tanaman hias dalam pot
Ide ini bisa diterapkan bila sepetak lahan yang dimiliki sudah terlanjur ditutup dengan semen atau lantai. Susunan tanaman hias dengan berbagai jenis bentuk dan warna yang berbeda juga bisa menyulap lahan kosong kita menjadi taman minimalis. Asal perhatikan komposisi dan kesederhanaan warna. Membuat miniatur taman dalam pot keramik seperti contoh juga ide cemerlang. Anda pun bisa miliki taman minimalis dalam bentuk kecil tanpa menghabiskan banyak waktu untuk merawatnya.

Jalan setapak penghubung antar area taman minimalis
Meskipun Anda hanya memililki lahan yang sangat terbatas, bukan berarti peluang untuk mendekorasinya tertutup sama sekali. Ternyata Anda masih bisa menciptakan jalan setapak yang menghubungkan antar sudut atau antar area yang ada di sekitarnya.

Misalnya dari teras membelah tengah taman minimalis. Atau bisa juga menghubungkan antara dua tanaman yang menjadi titik perhatian di taman itu. Dengan cara ini Anda pun bisa menciptakan keluasan ruang secara visual dengan cara yang tidak membosankan.



Saat ini bahan-bahan yang banyak digunakan untuk membuat jalan setapak adalah lempeng batu alam, potongan kayu, cetakan semen, dan paving grass block. Lempeng batu alam dan potongan kayu bisa menambah nuansa alami di taman minimalis. Selain itu, jalan setapak dari dua jenis bahan ini sudah dijual bebas sehingga memudahkan proses pemasangan.

Bila ingin cara yang lebih hemat ongkos, Anda bisa membuat jalan setapak dari cetakan semen. Bentuk segi empatnya sesuai benar dengan konsep minimalis yang mengusung kesederhanaan. Sedangkan bila Anda ingin menjadikan lahan terbatas sebagai area bersantai, menutup lahan dengan paving grass block bisa jadi pilihan. Dengan memasang paving grass block lahan bisa dikeraskan tanpa menutup sama sekali peluang bagi tanaman untuk tumbuh di atasnya. Namun hanya satu jenis tanaman saja yang bisa ditanam di paving grass block, yaitu rumput.

Menyamarkan pagar taman minimalis
Kendala pada taman minimalis di lahan terbatas umumnya adalah terlihatnya pagar pembatas, entah itu dinding atau pagar besi. Pagar atau dinding menegaskan batas sesuatu yang sudah terbatas, sehingga kesan alami bisa hilang sama sekali.

Bukannya kesan indah dan alami, suasana kaku lah yang dapat dipancarkan taman minimalis di lahan terbatas. Pada taman gaya lain, keberadaan pagar atau dinding bisa disamarkan dengan menanam tanaman semak di sepanjang garis dinding atau pagar.

Namun di taman minimalis hal ini sepertinya kontradiktif karena apa yang ingin dikedepankan taman minimalis adalah kesederhanaan, sehingga ciri khas taman minimalis adalah tanaman yang juga simpel alias tidak tumbuh besar. Dengan demikian, solusinya adalah menanam tanaman berdaun kecil dan ramping di sepanjang garis dinding atau pagar. Tanaman yang dipilih sebaiknya ramping dan tidak tumbuh melebar. Bisa juga dipadupadankan dengan jenis tanaman lain yang lebih kecil dengan memperhatikan komposisi warna dan jarak antar tanaman.

Cenderung ke atas
Pada kondisi terbatas tentunya Anda sebaiknya harus pandai-pandai memanfaatkan apa yang ada. Area yang sempit sebenarnya bisa diatasi dengan menonjolkan sisi vertikal di sekitarnya, misalnya dengan memanfaatkan dinding untuk membuat taman vertikal, kemudian menempatkan kursi dan meja agar lahan sempit memiliki fungsi ganda sebagai taman minimalis sekaligus ruang duduk.

Menciptakan kecenderungan ke atas juga bisa dilakukan dengan pemilihan tanaman yang tumbuh tinggi tapi tidak rimbun melebar. Sebenarnya tanaman apa pun bisa direkayasa untuk mencapai tujuan ini. Akan tetapi, kita perlu meluangkan waktu lebih untuk pemangkasan ranting dan dahan apabila jenis tanaman yang dipilih cenderung rimbun.

Meskipun mengusung tema minimalis, namun taman berkonsep minimalis ini tetap mengedepankan nilai estetika. Taman minimalis baiknya menonjolkan aksen natural dengan material yang tidak terlampau banyak. Selain itu, aspek kesehatan dan kenyamanan penghuni sangat perlu diperhatikan.

Jasa lainnya :
Pada umumnya, taman minimalis cenderung dihuni oleh satu atau dua jenis tanaman yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kesan taman yang berantakan. Tanaman tersebut dapat disusun di atas hamparan rumput atau bebatuan yang disusun rapi. Perlu diperhatikan pula ketika menyusun batuan dan gunakan warna yang seragam agar tampilan taman semakin menarik.



Bila Anda tidak punya cukup waktu membuat taman minimalis sendiri di rumah Anda, mungkin bisa dicoba cara lain yang lebih sederhana. Menyusun beberapa pot tanaman hias di dinding dengan arah vertikal juga bisa membantu menciptakan kesan cenderung ke atas. Masih bingung? Sentosa Garden sebagai jasa landscape profesional di Jakarta mungkin bisa menjadi mitra handal Anda untuk pembuatan taman di lahan terbatas di rumah Anda.

Setosa Garden merupakan situs penyedia jasa pertamanan terbaik yang ada di Jakarta dan Jabodetabek. Sentosa Garden dapat mengerjakan segala jenis konsep pembuatan taman seperti konsep taman minimalis, taman rooftop, taman eropa, taman vertikal dan tentu nya taman kering. Nama Sentosa Garden juga sudah cukup dikenal sebagai jasa tukang taman Jakarta, jasa landscape Jakarta profesional.

Tak hanya melayani kawasan Jakarta saja, Sentosa Garden juga siap membantu Anda membuat taman kering di seluruh Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Sentosa Garden dan buat taman kering dengan desain terbaik untuk mempercantik rumah Anda.
Previous
Next Post »